DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perencanaan Strategi Dinas Pendidikan Dalam Menyelenggarakan Pendidikan Sekolah Dasar Pasca Pandemi Covid-19 Di Kota Banjarmasin
PENGARANG:SEPTIAN NUR IRFAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


ABSTRAK

 

Septian Nur Irfan, 1710413610055, 2023, Perencanaan Strategi Dinas Pendidikan Dalam Menyelenggarakan Pendidikan Sekolah Dasar  Pada Pasca Pandemi Covid-19 Di Kota Banjarmasin, Pembimbing  Budi Suryadi.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan Strategi Dinas Pendidikan Dalam Menyelenggarakan Pendidikan Sekolah Dasar  Pada Pasca Pandemi Covid-19 Di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori dari James AF. Stoner mengenai perencanaan strategi yaitu: menetapkan serangkaian tujuan, merumuskan keadaan sekarang, mengindentifikasi segala kemudahan dan hambatan serta mengembangkan serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan Strategi Dinas Pendidikan Dalam Menyelenggarakan Pendidikan Sekolah Dasar  Pada Pasca Pandemi Covid-19 Di Kota Banjarmasin sudah cukup baik, dilihat dari indikator James AF. Stoner

yaitu, terhadap serangkaian tujuan yang dibuat berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Pendidikan Tahun 2021-2026 yang mengacu pada Misi ke-1 Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Banjarmasin Tahun 2021-2026 kemudian menerapkan kurikulum merdeka belajar namun dalam implementasi memang belum bisa Sebagian yang melaksanakan, yang dilakukan adalah menjalankan kurikulum 2013. Merumuskan keadaan sekarang adanya kerjasama terhadap pihak perguruan tinggi dalam penyediaan tenaga pendidikan yang dimana program yang diluncurkan oleh Kemendekbud melalui program-program terhadap Pendidikan Dasar kemudian pengarahan terhadap setiap kepala sekolah dalam memberikan pembelajaran di luar jam belajar kemudian membuat kolaborasi antar mahasiswa seperti yang di jelaskan adanya program kampus mengajar. Mengindentifikasi segala kemudahan dan hambatan pelaksanaan asesmen terhadap setiap sekolah yang dinilai memiliki satuan hasil belajar murid, adanya pelaksanaan serta pembinaan terhadap para tenaga didik, program merdeka belajar membantu peran guru dalam kemerdekaan guru terhadap rancangan pelaksanaan pembelajaran serta terhadap siswa dapat menerapkan program merdeka belajar yang ada 6 dalam kurikulum tersebut.Serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan peningkatan sistem tata kelola serta sasaran strategis terhadap pencapain akreditasi sekolah, persentase capaian kinerja sasaran sangat berhasil terhadap kebijakan pasca pandemi.

 

Kata kunci : Strategi, Dinas Pendindikan, Sekolah Dasar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI