DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:MUHAMMAD ALFARISQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


ABSTRAK

 

MUHAMMAD ALFARISQI, NIM. 1610413210013, kepemimpinan kepala desa dalam pembangunan infrastruktur di Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Gazali Rahman.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala desa dalam pembangunan infrastruktur di Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Pemilihan masalah dikarenakan adanya permasalahan yang muncul pada desa yaitu infrastruktur. Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan Triangulasi teknik ini merupakan gabungan dari tiga teknik yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan informan penelitian dan teknik analisis data dalam penilitian melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data  dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian, diketahui bahwa dapat dikatakan bahwa tipe kepemimpinan yang dimiliki oleh Kepala Desa Batuah sudah berjalan dengan baik, karena memiliki ciri tipe kepemimpinan demokratis dalam kepemimpinan pembangunan infrastruktur. Hal ini dapat dilihat Bapak Kepala Desa mengedepankan musyawarah ketika memecahkan suatu masalah. Pembangunan – pembangunan yang telah dilakukan sudah cukup baik yang mana pembangunan tersebut terfokus kepada infrastruktur jalan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Bapak Kepala Desa memiliki kepemimpinan yang baik. Hal tersebut dikarenakan Bapak Kepala Desa memiliki kesesuaian dengan 3 indikator tersebut sehingga menghasilkan pengaruh yang sangat baik terhadap kepemimpinan beliau dalam kepemimpinan pembangunan infrastruktur.

            Berdasarkan hal tersebut, disarankan Saran yang diberikan yaitu dalam pengawasan agar dilakukan dengan lebih ketat lagi. Dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur lebih mengutamakan keterlibatan masyarakat, dan untuk masyarakat kesadaran perlu ditingkatkan dalam pembangunan infrastruktur.

Kata Kunci: Demokratis, Oterirter, Kendali Bebas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI