DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INOVASI GURU PENGGERAK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 34 BANJARMASIN
PENGARANG:RIRIN ENDANG PRATAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


ABSTRAK

Ririn Endang Pratami, 2023. Inovasi Guru Penggerak Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  Di SMP Negeri 34 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Muhammad Elmy.

Kata Kunci: Inovasi, Guru penggerak, PPKn

Guru penggerak merupakan program yang dirancang oleh kemendikbud pendidikan dan kebudayaan indonesia untuk mendorong peran guru sebagai agen perubahan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia. Inovasi pembelajaran merupakan sebuah keniscayaan yang dilakukan oleh guru untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan, namun masih terdapat kesulitan guru untuk melakukan berbagai inovasi pembelajaran di kelas, karena keterbatasan sumber daya, yang di sebabkan berbagai faktor penghambat seperti kurang sarana dan prasarana, buku yang kurang menunjang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang inovasi guru penggerak dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 34 Banjarmasin, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat inovasi guru penggerak dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan; (1) bahwa sebelum adanya inovasi dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode pengajaran ceramah, tanya jawab, tugas-tulis dan PPT, namun setelah adanya inovasi guru penggerak dalam pembelajaran guru menggunakan metide pembelajaran yang beragam dan kreatif, sepeti diskusi kelompok, simulasi dan studi kasus. 2) faktor pendukung inovasi guru penggerak adanya dukungan dari sekolah, dalam memberikan, memfasilitasi dan mengapresiasi upaya guru dalam mengembangkan inovasi dalam pembelajaran dapat memotivasi guru untuk terus berinovasi, dengan mengikuti pelatihan, mengikuti webinar, workshop, dan MGMP. Sedangakn faktor penghambat inovasi guru dalam pembelajaran sarana dan prasarana sekolah, buku yang kurang menunjang, dan sumber daya.

Peneliti memberi saran terkait inovasi guru penggerak dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 34 Banjarmasin hendaknya sekolah menyediakan kekurangan-kekurangan yang sekarang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran seperti kurangya LCD, buku dan kekurangan yang lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI