DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN PERFORMA PERTUMBUHAN DAN RESPONS HEMATOLOGIS IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus Var ) YANG DIBERI PAKAN BUATAN DENGAN PENAMBAHAN ECO ENZYME
PENGARANG:ANISA FITRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


ABSTRAK

 ANISA FITRIANA. 2023. Kajian Performa Pertumbuhan dan Respons Hematologis Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus Var)  yang Diberi Pakan Buatan dengan Penambahan Eco Enzyme. Pembimbing (1)Dr. Noor Arida Fauzana, S.Pi., M.Si. dan Pembimbing (2) Dr. Ir. Fatmawati, M.Si.

Eco enzymemerupakan hasil fermentasi dari campuran gula, sisa buah dan air yang menghasilkan enzim dari sampah organik.Eco enzyme mengandung metabolit sekunder seperti flavonoid, quinon, saponin, alkaloid, dan kardioglikosida. enzim fungsional yang terkandung pada eco enzyme seperti amilase, lipase, protease dan selulase. Penelitian ini tentang pengaruh pemberian cairan eco enzyme dengan dosis yang berbeda dalam pakan komersil ikan terhadap kualitas nutrisi pakan, pertumbuhan dan respons hematologis ikan lele selama 60 hari yang dipelihara dalam baskom. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Hasil dari penambahan eco enzyme dalam pakan dengan kisaran dosis antara 20-60 mL/kg pakan dapat meningkatkan kualitas nutrisi pakan kadar protein dan kadar air serta menurunkan kadar abu, kadar lemak dan kadar serat. Respons pertumbuhan ikan lele pada pakan dengan penambahan eco enzyme dengan dosis 60 mL/kg pakan dapat mempertahankan kelangsungan hidup ikan lele sangkuriang > 90%, mampu meningkatkan pertumbuhan panjang relatif, pertumbuhan bobot relatif, serta menurunkan rasio konversi pakan. Respons hematologis ikan lele sangkuriang dengan penambahan eco enzyme  dengan dosis 60 mL/kg pakan menunjukan pengaruh terbaik dilihat dari nilaihematokrit, eritrosit,hemoglobin, dan Leukosit.

Kata Kunci : Ikan Lele, Eco Enzyme, kualitas pakan, pertumbuhan, hematologis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI