DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Motivasi Generasi Z dalam Melakukan Binge Watching pada Layanan Subscription Video on Demand
PENGARANG:MUHAMMAD NAUFAL RAFIF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-21


Muhammad Naufal Rafif, 1910414210043, 2023, Motivasi Generasi Z dalam Melakukan Binge Watching pada Layanan Subscription Video on Demand. Dibimbing oleh Muhammad Nizar Hidayat

 

Beberapa tahun kebelakang, eksistensi layanan SVOD (Subscription Video on Demand)semakin populer dikalangan masyarakat, khususnya Generasi Z. Hal tersebut melahirkan fenomena baru dalam mengonsumsi media, yaitu aktivitas binge watching/menonton maraton.

 

Penelitian ini bertujuan menjelaskan berbagai motivasi yang melatarbelakangi Generasi Z dalam melakukan aktivitas binge watching pada layanan SVOD. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif telah digunakan pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi.

 

Penelitian ini menemukan delapan motivasi Generasi Z dalam melakukan aktivitas binge watching yang dipaparkan melalui deskripsi mendalam, yaitu: mengisi waktu, informasi, kesenangan/hiburan, relaksasi, ketertarikan, kebersamaan, interaksi sosial dan pengalihan.

 

Selain itu, penelitian ini memiliki nilai kebaruan yakni mendukung industri perfilman sebagai salah satu motivasi yang melatarbelakangi aktivitas tersebut. Pada akhirnya peneliti merekomendasikan penelitian selanjutnya mengkaji temuan ini dengan metode kuantitatif.

 

Kata Kunci: Motivasi, SVOD, Subscription Video on Demand, Binge Watching

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI