DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengelolaan Sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu 3r (Reduce, Reuse, Recycle) Cemara Raya Kecamatan Banjarmasin Utara
PENGARANG:NUR FATHUR RIZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-22


 

 

ABSTRAK

Nur Fathur Rizki (1910411210020), 2023: “Pengelolaan Sampah di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Cemara Raya Kecamatan Banjarmasin Utara”. Dibawah bimbingan Ibu Widyakanti.

Penelitian ini dilatar belakangi dari keresahan peneliti yang sering melihat tumpukan sampah yang mengalami overload yang mana sampai di sana menumpuk hingga menjalar ke jalanan sehingga membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di sana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen pengelolaan sampah yang berjalan di sana yang ditanggung jawabi langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori fungsi manajemen publik dari George R. Terry.

Hasil penelitian ini adalah manajemen yang ada pada pengelolaan sampah di TPST 3R Cemara Raya ini belum terlaksana dengan optimal. Hal ini dikarenakan beberapa kendala yang menjadi penghambat jalannya proses pengelolaan sampah di sana. Faktor penghambat yang menjadi masalah di sana diantaranya adalah saranan dan prasarana yang mengalami beberapa kerusakan, anggaran yang tidak ada untuk mengatasi kerusakan fasilitas yang ada, dan kesadaran masyarakan akan pentingnya mengelola sampah yang masih kurang sehingga memberi dampak yang buruk.

Oleh karena itu, disarankan kepada Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin untuk lebih mempersiapkan rencana anggaran khusus untuk persiapan jika ada lokasi pengelolaan sampah yang mengalami kendala dan diperlukan anggaran untuk menanggulanginya sehingga sarana dan prasarana yang rusak bisa diperbaiki ataupun diperbaharui. Dan juga agar lebih memperhatikan partisipasi masyarakat dengan lebih menghimbau lewat sosialisasi ataupun dengan mengajak mereka secara langsung dalam program yang mendorong mereka agar lebih peduli kepada kebersihan dan kesehatan lingkungan.

 

Kata Kunci: Dinas Lingkungan Hidup, Manajemen Publik, Pengelolaan Sampah, Tempat Pengelolaan Sampah

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI