DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktiviras Ekonomi Masyarakat Nelayan Sungai Kanoko Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:NAHDIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-23


Nahdiah.2023. Aktivitas Ekonomi Masyarakat Nelayan Sungai Kanoko Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing I: Dr. Ismi Rajiani, MM dan Pembimbing II: Mahmudah Hasanah, M.Pd

Sungai dapat berpengaruh pada kehidupan manusia karena sungai banyak digunakan oleh masyarakat yang bertempat tinggal di pinggiran sungai, mulai dari mencuci, mandi, sumber mata pencaharian, transportasi dan lainnya. Adanya sungai masyarakat desa tersebut dapat menghasilkan mata pencaharian mereka sebagai nelayan  sehingga terdapat pada aktivitas ekonomi. Permasalahan nelayan tersebut terdapat pada kondisi sungai yang bergantung pada pasang surutnya air, arus air dan lewat nya kapal tongkang sehingga berpengaruh pada pendapatan nelayan.

Sungai kanoko tersebut dapat menjadikan masyarakat nelayan melakukan aktivitas ekonomi. Tujuan penelitian ini yaitu 1).Mendeskripsikan untuk mengetahui aktivitas ekonomi masyarakat nelayan sungai kanoko 2).Mendeskripsikan untuk mengetahui aktivitas ekonomi masyarakat nelayan sungai kanoko sebagai sumber belajar IPS.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini untuk mendeskripsikan adaptasi dan perubahan perilaku masyarakat sebagai sumber belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pada masyarakat sekitar bantaran sungai kanoko, wawancara dengan masyarakat dan nelayan, kepala desa, karang taruna, dosen IPS dan guru IPS, serta dokumentasi berupa foto hasil wawancara. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data berupa uraian, tabel, dan gambar, serta verifikasi data dengan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas ekonomi masyarakat nelayan sungai kanoko Desa Anjir Serapat Muara 1  sebagai masyarakat tinggal di pinggiran sungai sungai bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan menguatkan ekonomi mereka sehingga masyarakat desa tersebut yang memanfaatkan sungai sebagai mata pencaharian pekerjaan sebagai nelayan, karena dapat memenuhi kebutuhan hidupnya yang terdapat pada kegiatan ekonomi nelayan. 2) Aktivitas pemanfaatan sungai sebagai mata pencaharian nelayan dapat dijadikan sumber belajar IPS yang bersifat kontekstual pada materi Manusia Tempat, dan Lingkungan pada materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan yang terdapat pada kegiatan ekonomi  materi kelas VII Semester II.

Simpulan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas ekonomi masyarakat nelayan sungai kanoko Desa Anjir Serapat Muara 1 merupakan mata pencaharian masyarakat disana tersebut sebagai nelayan  untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan masyarakat nelayan bisa dikaitkan dengan sumber belajar IPS di SMP.

Kata Kunci : Ekonomi, Nelayan, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI