DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI KARYAWAN DALAM MELAPORKAN SPT TAHUNAN (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:ELLYA NURSEHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-23


ABSTRAK

Ellya Nursehan (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan dalam Melaporkan SPT Tahunan (Studi Kasus Pada KPP Pratama Kota Banjarmasin)”.Pembimbing: Yohana Yustika Sari.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sanksi perpajakan, pengetahuan perpajakan, kesadaran perpajakan dan e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT Tahunan. Variabel independen pada penelitian ini adalah sanksi perpajakan, pengetahuan perpajakan, kesadaran perpajakan dan e-filing, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT Tahunan.

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi karyawan yang terdaftar di KPP Pratama Banjarmasin. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 wajib pajak orang pribadi karyawan berdasarkan rumus Slovin. Data primer digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 26. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan dan e-filing berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT Tahunan, sanksi perpajakan dan kesadaran perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT Tahunan.

Kata Kunci: Sanksi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, e-filing, Kepatuhan Pajak dalam Melaporkan SPT Tahunan, Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI