DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS PENYEBERANGAN ORANG DI KAWASAN KOMERSIL(STUDI KASUS : JL. A. YANI KM 2 – KM 3,5 BANJARMASIN )
PENGARANG:TOMY PRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-24


ABSTRAK

ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS PENYEBERANGAN ORANG DI KAWASAN KOMERSIL (STUDI KASUS: Jl. A. YANI KM 2 s.d. KM 3 BANJARMASIN)

Tomy Pratama

1920828310035

Prof. Dr. Iphan Fitrian Radam, S.T, M.T

 

Jl. A. Yani Km 2 s.d. 3 merupakan kawasan penghubung beberapa fasilitas umum publik seperti sekolah, rumah sakit, pertokoan, hotel, pusat perbelanjaan, dan pemukiman penduduk. Volume kendaraan dan pejalan kaki yang tinggi di kawasan tersebut membuat masyarakat sulit untuk melakukan aktivitas menyeberang jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan karakteristik penyeberangan pejalan kaki, karakteristik lalu lintas, mendapatkan bentuk fasilitas penyeberangan yang ideal pada Jalan Ahmad Yani Km 2 s.d. 3.

Untuk mengetahui kondisi ruas jalan berupa panjang dan lebar seluruh jalan yang ada dalam wilayah studi serta semua fasilitas yang ada di jalan dengan mengenali tipe ruas jalan yang ada. Serta mengetahui tingkat kepadatan lalu lintas pada ruas jalan berdasarkan: volume lalu lintas terklasifikasi pada suatu ruas jalan, arah arus lalu lintas, jenis kendaraan dan tingkat penggunaan moda dalam satuan waktu tertentu yang dilakukan dengan pengamatan dan pencacahan langsung di lapangan pada suatu ruas jalan. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui periode jam-jam sibuk pada masing-masing titik survei. Sehingga digunakan metode survei inventarisasi jalan (road inventory survey) dan lalu lintas.

Dari hasil analisis didapatkan volume penyebrang pejalan kaki tertinggi berada pada titik penyeberangan SMPN 26 Banjarmasin pada kondisi weakdays dan Duta Mall Banjarmasin pada kondisi weekend. Volume kendaraan tertinggi saat weakdays weekend pada sore hari. Rekayasa penyeberangan zebra cross efektif adalah dengan menyesuaikan jarak henti halted an TPB yaitu per-300 meter. Fasilitas penyeberangan yang dapat digunakan untuk kawasan Duta Mall Banjarmasin adalah jembatan penyeberangan orang dan kawasan Mc Donald’s adalah pelican dengan lapak tunggu menggunakan persimpangan sebidang menggunakan APILL.

Kata Kunci: jembatan penyeberangan, pelican, survey inventarisasi jalan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI