DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP QUARTER-LIFE CRISIS (Studi Kuantitatif Pada Dewasa Awal Pengguna Twitter di Indonesia)
PENGARANG:MUKARRAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-24


ABSTRAK

 

Mukarramah, 1910414120004, 2023, Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Quarter-Life Crisis (Studi Kuantitatif Pada Dewasa Awal Pengguna Twitter di Indonesia) dibimbingan oleh Noviana Sari.

 

Saat memasuki fase dewasa awal, seseorang akan mengalami banyak perubahan dalam dirinya baik secara kognitif, maupun psikologis – emosional. Dalam proses perubahan ini beberapa orang akan memiliki beberapa kendala, salah satunya dari sisi kesehatan mental, maka dari itu perlu adanya media coping yang mampu meringankan kendala yang dihadapi.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Twitter terhadap Quarter-Life Crisis pada dewasa awal pengguna Twitter.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif. Sampel yang diambil sebanyak 406 responden, teknik pengumpulan data menggunakan survey kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Coping Stress.

 

Hasil uji hipotesis didapatkan nilai p = 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Media Sosial Twitter terhadap Quarter-Life Crisis, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini didukung dengan didapatkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,100 yang artinya terdapat 10% kontribusi pengaruh variabel bebas (Penggunaan Media Sosial Twitter) terhadap variabel terikat (Quarter-Life Crisis) dalam regresi linier sederhana.

Kata Kunci: Media Sosial, Twitter, Quarter-Life Crisis, Dewasa Awal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI