DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PELAYANAN FISKUS, KESADARAN WAJIB PAJAK, PENERAPAN E-FILING DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN UMKM (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Sampit)
PENGARANG:KARIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-24


ABSTRAKSI

 

Karimah, (2023) Pengaruh Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, Penerapan E-Filing dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan UMKM (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Sampit)

 

Pembimbing: Yohana Yustika Sari

 

UMKM memberikan jalan bagi masyarakat untuk membantu perekonomian bangsa. Selama pandemi Covid-19, UMKM merupakan perusahaan yang paling banyak terkena dampak negatif. Masalah standar yang sering mengemuka adalah rendahnya tarif pembayaran pajak UMKM.. Dalam penelitian ini faktor-faktor yang diambil adalah Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, Penerapan E-Filing dan Sanksi Perpajakan sebagai variabel independen, sedangkan variabel dependennya adalah kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner untuk pengumpulan data dan teknik pengambilan sampel yang disebut simple random sampling. Wajib Pajak Badan UMKM yang terdaftar aktif di KPP Pratama Kota Sampit Kalimantan Tengah menjadi responden yang menjadi sampel penelitian. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis linier berganda dengan SPSS 26 for windows. Berdasarkan temuan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa Layanan Fiskus tidak berdampak pada Kepatuhan Wajib Pajak Badan UMKM tetapi Kesadaran Wajib Pajak, Implementasi E-filing, dan Sanksi Perpajakan berpengaruh.

 

 

Kata Kunci: UMKM, Kepatuhan Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, Penerapan E-Filing, Sanksi Perpajakan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI