DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kegagalan Direncanakan: Analisis Manfaat Program Sosial Untuk pengembangan Usaha Mikro di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
PENGARANG:NURUL KHOFIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-24


ABSTRAK

Nurul Khofifah, 1910411220012, 2023. Kegagalan Direncanakan: Analisis Manfaat Program Sosial Untuk Pengembangan Usaha Mikro di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dibawah bimbingan Bapa Ahmad Syakrani Bunasim.

Konsep membantu atau bantuan dalam konteks program sosial yang disediakanuntukrakyatolehpemerintahseringdigagal-pahami.Programitudibungkusdengannomenklaturproduktif,sepertikasusprogrambantuandalampenelitianini.

Penelitianinimenganalisismanfaatbantuantersebut:apakahproduktifdalammengembangkanUsahaMikroyangdigelutiolehbanyakwargadiKotaBanjarmasin, khususnya di Kelurahan Banua Anyar. Program ini diberikan dalambentuk bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp. 2.400.000 pada 2020 dan sebesarRp.1.200.000pada2021.

DenganmenerapkansalahsatuvarianNewPublicManagement(NPM)Paradigm, yakni teori Value for Money, hasil analisis data, yang menggunakanstatistik deskriptif, menunjukkan bahwa program tersebut gagal mengembangkanusaha kecil tersebut dan bahkan harus disebut gagal yang direncanakan. Teori inimenekankanpenilaianmanfaatprogramsosialbukanhanyapadaapayangdilakukanolehpemerintahdengansejumlahanggarantertentu,tetapiberapabanyakmanfaatnyatayangdinikmatiolehwarga.NomenklaturnyaBantuanProduktif,tetapinyatanyatidakproduktif,karenatanpaneedanalysisdanperencanaan yang matang, bersifat atas-bawah, dan tanpa pembinaan serta socialaccountability yang jelas. Dari jumlah sample keluarga penerima bantuan sebanyak38 orang yang diambil secara acak hanya 45%yang masih melanjutkan usaha.Sungguhpundemikian,usahamerekastagnandanmerekahanyamampumemenuhikebutuhansehari-hari,belummampumencapaisustainableresult.

Pelajaran menarik dari temuan ini adalah bahwa setiap program (kebijakan) sosialyang tidak dirancang dan dilaksanakan dengan cermat pasti akan menuai kegagalan.Merugikan. Harus berapabanyak lagi program sosial seperti ini akan dilaksanakanditahun-tahunmendatang?

KataKunci:KegagalanDirencanakan,ProgramBantuanProduktif,ValueForMoney.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI