DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERUBAHAN GAYA BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN FKIP ULM PASCA PANDEMI COVID-19
PENGARANG:SAWAYLI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-24


ABSTRAK

Sawayli. 2023. Perubahan Gaya Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP ULM Pasca Pandemi Covid-19. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Muhammad Elmy

 

Kata Kunci : Gaya Belajar, Mahasiswa PPKn, Pasca Pandemi Covid-19

 

 

            Pada masa pandemi covid-19 pembelajaran dikelas dari yang semula tatap muka atau luring berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring, begitu juga pada pandemi covid-19 berakhir proses pembelajaran kembali berubah menjadi luring dari perubahan proses pembelajaran tersebut tentu memberikan efek pada perubahan mahasiswa dalam menyesuaikan cara belajar yang mereka gunakan. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa untuk dapat beradaptasi dengan baik, sesuai dengan kondisi pembelajaran yang berjalan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar mahasiswa pasca pandemi covid-19.

 

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam mengidentifikasi suatu permasalahan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data primer sebagai data utama dan dilengkapi dengan sumber data sekunder. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta untuk analisis data, peneliti menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan penelitian.

 

Hasil penelitian yang didapat pada perubahan gaya belajar pada mahasiswa PPKn FKIP ULM: (1). Dalam situasi pembelajaran daring, mahasiswa cenderung mengadaptasi gaya belajar Auditori. Mereka mengandalkan rekaman dari aplikasi online dan kembali didengarkan ketika ingin mengulang pelajaran. (2) Beberapa mahasiswa PPKn FKIP ULM menyebutkan perubahan dari gaya belajar yang sebelumnya dominan menjadi lebih menggabungkan atau mengadopsi gaya belajar yang berbeda. Meskipun terjadi perubahan dalam preferensi gaya belajar, masih terlihat penekanan yang signifikan pada gaya belajar auditori. Mahasiswa cenderung lebih suka mendengarkan penjelasan dosen dan berpartisipasi dalam diskusi kelas. (3) Terdapat dampak positif seperti fleksibilitas waktu belajar dan peningkatan keterampilan teknologi, terdapat juga dampak negatif seperti kurangnya interaksi sosial dan kesulitan memahami materi secara mendalam.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI