DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ALALAK
PENGARANG:MUHAMMAD ABRAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-24


Motivasi mempunyai peranan yang strategis dalam aktivitas belajar seseorang. Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi. Tidak ada motivasi berarti tidak ada kegiatan belajar. Siswa yang tidak memiliki motivasi belajar dalam dirinya maka akan terjadi kekecewaan sebagai wujud motivasi belajar yang rendah. Motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal pada diri siswa. Faktor internal yaitu efikasi diri dan faktor eksternal yaitu konformitas teman sebaya. adanya pengaruh konformitas teman sebaya dan efikasi diri terhadap motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini dilakukan pada sekolah SMAN 1 Alalak, Populasi penelitian ini berjumlah 208 responden sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah sebesar 137 siswa, instrument penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner, analisis data menggunakan uji linier berganda. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif Sebelumnya belum ada penelitian yang meneliti mengenai pengaruh konformitas teman sebaya dan efikasi diri terhadap motivasi belajar di sekolahan ini. Hasil penelitian ini menunjukan Terdapat pengaruh yang signifikan antara konformitas teman sebaya dan efikasi diri terhadap motivasi belajar siwa kelas XI SMA Negeri 1 Alalak, dengan hasil F hitung > F tabel (51,221 > 3,06) dan diperoleh R2 (R Square) Sebesar 0,433 atau 43,3%. Hal ini menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh secara simultan variabel konformitas teman sebaya dan efikasi diri terhadap motivasi belajar sebesar 43,3%

Kata Kunci:  Motivasi belajar; Konformitas teman sebaya; Efikasi diri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI