DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNONATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA | |
PENGARANG | : | RIZKA ADILA LESTARI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-07-24 |
Salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa ialah kemampuan
pemecahan masalah. Namun, pada kenyataannya menunjukkan bahwa
kemampuan siswa tidak begitu baik dalam memecahkan suatu masalah. Salah satu
model yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam melatih kemampuan
pemecahan masalah nya ialah model Problem Based Learning (PBL) merupakan.
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis: (1)kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa yang mendapat pembelajaran PBL berbasis etnomatematika;
(2)kemampuan suatu pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat
pembelajaran konvensional berbasis etnomatematika; (3)pengaruh model
pembelajaran PBL berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa. Penelitian dilakukan dengan Quasi eksperimen dan
kelas sasaran terdiri dari siswa kelas XI MIPA SMAN 6 Banjarmasin. Kelas XI
MIPA 1 dan XI MIPA 3 digunakan sebagai kelas kontrol dan eksperimen, yang
diambil menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data
meliputi pemberian informasi dan pengujian yang dilakukan melalui penggunaan
statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas
yang menggunakan model PBL memiliki kualfikasi yang baik dalam kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa; (2) kelas yang menggunakan
pembelajaran konvensioal memiliki kualifikasi cukup dalam kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa; (3) model PBL berbasis etnomatematika
berpengaruh terhadap kemampuan suatu pemecahan masalah matematis siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI