DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RELASI KEPALA DAN PERANGKAT DESA DI DESA TAKISUNG KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT (STUDI RESISTENSI PERANGKAT DESA TERHADAP KEPALA DESA)
PENGARANG:RINALDI JULIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-24


ABSTRAK

Rinaldi Juliansyah, 1810413210005, 2023: “Relasi Kepala Dan Perangkat Desa Di Desa Takisung Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut (Studi Resistensi Perangkat Desa Terhadap Kepala Desa)”.  Dibawah bimbingan Pathurrahman

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk bentuk resistensi atau perlawanan dari relasi antara Kepala Desa dan Perangkat Desa  di Desa Takisung Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut.

            Tipe penelitian  yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pengkajian dokumen, dan wawancara. Serta ditunjang dengan data primer dan sekunder yang diperoleh selama penelitian. Penelitian ini menggunakan teori Resistensi yang dikemukakan oleh  James C. Scott yaitu perlawananpublikatauterbuka(publictranscript)danperlawanantersembunyiatautertutup(hiddentranscript).

              Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlawanan terbuka dari perangkat desa tidak terjadi atau tidak ada, hal dikarenakan Kepala Desa mempunyai pengaruh yang sangat kuat di desanya. Pengaruh tersebut beliau dianggap sebagai tokoh yang disegani di desa, mempunyai banyak relasi tingkat kabupaten, memegang sumber daya ekonomi desa, seorang ahli agama, pernah menjabat beberapa periode sebagai kepala desa, dan memiliki banyak keluarga yang menjabat sebagai Perangkat Desa. Sedangkan perlawanan tertutup dari Perangkat desa berupa mengghibah, mengumpat dalam hati dan ungkapan ketidak setujuan berupa lelucon kepada kepala desa, hal ini dikarenakan SOTK yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, uang SPPD yang tidak kunjung digantikan, Ketegasan Kepala Desa dalam Kedisiplinan, dan Ketidakroyalan kepala desa kepada perangkat desa.

              Perhatian lebih seharusnya dapat dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Takisung mengenai pengambilan Perangkat Desa yang karena adanya hubungan kekerabatan. Selain itu juga, Pemerintah Desa harus lebih terbuka kepada masyarakat untuk meminimalisir terjadinya kesalahfahaman atau  kecurigaan dari pihak masyarakat.

 

 

Kata Kunci : Resistensi, Relasi, Desa Takisung, James Scott

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI