DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AMBIGUITAS DALAM ANTOLOGI PUISI STADIUM TANAH IBU KARYA ALI SYAMSUDIN ARSI
PENGARANG:ABDAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-24


Abdan, 2023. Ambiguitas Puisi-puisi dalam Antologi “Stadium Tanah Ibu” karya Ali Syamsudin Arsi. Program Studi Magister, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing 1: Dr. H.M. Rafiek, M.Pd.; Pembimbing 2: Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ambiguitas makna puisipuisi yang terdapat dalam Buku Antologi Puisi Stadium Tanah Ibu karya Ali Syamsudin Arsi. Analisis ambiguitas makna penelitian ini menggunakan parameter makna linguistik dan pragmatik.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menampilkan larik-larik setiap puisi. Larik-larik tersebut dianalisis ambiguitas maknanya dengan menampilkan makna-makna leksikal, makna-makna gramatikal, dan makna-makna tafsir yang muncul. Data-data makna yang dipaparkan kemudian direkonstruksi untuk menemukan maksud apa saja terkandung di dalamnya.

 

Hasil penelitian yang menggunakan parameter linguistik dan parameter pragmatik pada setiap larik-larik di keenam puisi yang diteliti menunjukkan adanya ambiguitas. Puisi Sumber Mata Air mengungkapkan tentang (1) sumber mata air, (2) suara hati nurani, (3) suara penyair. Puisi Dayak Menari di Udara mengungkapkan tentang (1) tarian ritual, (2) udara yang terkontaminasi, (3) hilangnya tanah-tanah tempat bercocok tanam. Puisi Perempuan Pemetik Embun mengungkapkan tentang (1) kesenangan diguyur embun, (2) kesenangan fatamorgana, (3) kesengsaraan karena kehilangan tanah leluhur. Puisi Menuliskan Cahaya Mata mengungkapkan tentang (1) banyaknya penderitaan, (2) penyair tidak bisa mengungkapkan semua pesan penderitaan, (3) penyair merendahkan diri. Puisi Surat dari Sawah mengungkapkan tentang (1) lahan pertanian yang tandus, (2) daya pikir yang tumpul. Puisi Stadium Empat mengungkapkan tentang (1) kerusakan tanah leluhur, (2) kerusakan budaya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI