DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS POPULASI SEKUEN GENOM DNA MITOKONDRIA MANUSIA (Homo sapiens) DARI GENBANK NCBI DALAM UPAYA MEMBANGUN DATABASE DNA FORENSIK
PENGARANG:RIFKA FLORENSIA
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2019-01-18


ABSTRAK
ANALISIS POPULASI SEKUEN GENOM DNA MITOKONDRIA MANUSIA (Homo sapiens) DARI GENBANK NCBI DALAM UPAYA MEMBANGUN DATABASE DNA FORENSIK (Oleh Rifka Florensia; Pembimbing: Tanto Budi Susilo, Agus Suprianto; 2019; 52 halaman)
Sekuen genom DNA mitokondria manusia (Homo sapiens) telah digunakan sebagai penentu jarak genetika dan sebaran migrasi yang bertujuan agar dapat bermanfaat dalam membangun database di bidang forensik. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan 500 data sekuen genom DNA mitokondria manusia dari 5 benua yang terdiri dari 55 negara yang diambil dari GenBank NCBI. Selanjutnya, dianalisis dengan menggunakan metode Spreadsheet, ANN, dan visualisasi dengan MAFFT dan MatLab. Hasil menunjukkan bahwa jarak genetika antar individu sekuen manusia yang terdekat dengan Spreadsheet adalah 0 yang salah satunya terdapat pada perbandingan kode akses KY923840 (Burkina Faso) dengan KY923831 (Mali) dan pusat sebaran menggunakan MAFFT di Belgia. Jarak genetika antar populasi sekuen manusia yang paling tinggi dengan Spreadsheet adalah 11.551,000 yang terdapat pada unit populasi Korea Selatan dengan Moldova. Sedangkan, jarak genetika antar populasi sekuen manusia dengan ANN antar populasi adalah 5,48E+10 terdapat pada populasi Namibia dengan Cameroon. Jarak genetika antar benua dengan metode ANN adalah 2.391 dengan sebaran berpusat di benua Australia.
Kata kunci: genom DNA mitokondria manusia, Spreadsheet, MAFFT, ANN

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI