DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Peningkatan Self-Esteem Pada Remaja Akhir
PENGARANG:RIZKY SALSABILA FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-25


ABSTRAK 

Rizky Salsabila Fitri, 1910414320019, 2023, Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Peningkatan Self-Esteem Pada Remaja Akhir (Studi Pada Mahasiswa Remaja Akhir Ilmu Komunikasi FISIP ULM). Di bawah bimbingan Siswanto Rawali

Hubungan antara remaja akhir dengan self esteem sangatlah kompleks dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam penelitian ini, komunikasi interpersonal dengan dukungan dan bantuan yang tepat remaja akhir dapat membangun harga diri yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi interpersonal terhadap peningkatan perkembangan diri (self-esteem) pada remaja akhir Ilmu Komunikasi FISIP ULM. 

Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan tipe asosiatif. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 230 orang mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP ULM. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan derajat kepercayaan 95%.

 Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa, komunikasi interpersonal memiliki pengaruh terhadap peningkatan self-esteem pada mahasiswa remaja akhir Ilmu Komunikasi FISIP ULM dengan besaran pengaruh sebesar 84,5 %. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang menjadi variabel eksogen dari self-esteem dan dapat menambah sample penelitian dengan jenis insdustri lain.?

Kata kunci : komunikasi interpersonal, self-esteem, remaja akhir

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI