DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi User Interface Terhadap Aplikasi Mobile Portal Akademik ULM dengan Metode A/B Testing dan SUS Questionnaire
PENGARANG:MUHAMMAD ARRAS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-25


Universitas Lambung Mangkurat (ULM) merupakan Lembaga Pendidikan yang mengakui pentingnya teknologi informasi dalam pendidikan dan telah meluncurkan aplikasi mobile berbasis Android bernama Portal Akademik ULM. Namun, terdapat masalah utama terkait kurangnya ketaatan terhadap prinsip desain antarmuka yang penting dan keluhan pengguna terhadap antarmuka yang kurang menarik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi antarmuka pengguna aplikasi mobile Portal Akademik ULM menggunakan metode A/B Testing dan SUS Questionnaire, serta memberikan saran perbaikan berdasarkan analisis data. Analisis dilakukan dengan menerapkan Skor SUS sesuai aturan perhitungan yang telah ditentukan. Hasil akhir menunjukkan bahwa Desain A (kontrol) mendapatkan skor rata-rata 37,82258, masuk dalam kategori POOR dengan nilai F. Sedangkan Desain B (varian) mendapatkan skor rata-rata 72,66129, masuk dalam kategori GOOD dengan nilai C. Desain B (varian) berhasil memperoleh Skor SUS yang baik dan memenuhi kriteria SUS dengan menerapkan 8 Golden Rules of Interface Design.

Kata Kunci: 8 Golden Rules of Interface Design, Evaluasi User Interface, Metode A/B Testing, Portal Akademik ULM, SUS Questionnaire.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI