DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA TERPADU KESEJAHTERAAN SOSIAL (DTKS) PADA BIDANG SOSIAL DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA DAN SOSIAL KABUPATEN BARITO TIMUR
PENGARANG:MAYANG RINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-25


ABSTRAK

Mayang Rini, 2023. ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA TERPADU KESEJAHTERAAN SOSIAL (DTKS) PADA BIDANG SOSIAL DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA DAN SOSIAL KABUPATEN BARITO TIMUR

 
 

 

 

Penelitian ini mengangkat tentang Analisis Kinerja Pegawai dalam Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada Bidang Sosial di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah untuk menganalisis Kinerja Pegawai dalam Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada Bidang Sosial di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur. Kinerja pegawai mempengaruhi seberapa banyak mereka memberikan partisipasi kepada organisasi. Kinerja pegawai dalam hal Penanganan para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial. Faktanya, masih begitu banyak masyarakat yang belum mampu memenuhi kebutuhan dasarnya, sehingga untuk mencapai hidup layak sangat susah. Di Kabupaten Barito Timur, Bidang Sosial pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial bertugas untuk mengelola dan meningkatkan pelayanan publik sesuai dengan harapan masyarakat sebagai pelanggan dalam rangka mewujudkan Good Local Government.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang Analisis Kinerja Pegawai dalam Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada Bidang Sosial di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur. Dapat disimpulkan bahwa, Kinerja Pegawai dalam Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada Bidang Sosial di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur masih belum optimal.Hal tersebut dikarenakan pertama, kurangnya jumlah pegawai yang memberikan layanan kepada masyarakat. Kedua, kurang tepatnya data sasaran penerima bantuan sosial dan ketiga, mekanisme penyaluran bantuan sosial yang masih berbelit-belit.

 

Saran dari peneliti mengenai penelitian ini adalah yang pertama,melakukan penambahan jumlah pegawai di Bidang Sosial, agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja.Kedua, melakukan penambahan sarana transportasi agar dapat digunakan secara bersamaan ketika kerja lapangan. Ketiga, peningkatan sarana dan prasarana seperti komputer dan jaringan agar mempermudah pegawai dalam melakukan verifikasi dan validasi data.

 

Kata Kunci : Kinerja, Verifikasi dan Validasi Data,DTKS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI