DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGALAMAN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASING (Studi Fenomenologi di Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat dan UIN Antasari Kota Banjarmasin)
PENGARANG:MUHAMMAD RAFI` FAUZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-25


Muhammad Rafi' Fauzi 1710414210019, 2023, Pengalaman Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Asing (Studi Fenomenologi di Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat dan UIN Antasari Kota Banjarmasin). Dibimbing oleh Yuanita Setyastuti dan Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman dan makna komunikasi antarbudaya oleh mahasiswa asing di lingkungan universitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam kepada mahasiswa asing di Kota Banjarmasin. Terdapat empat informan yang berasal dari Malaysia, 1 orang dari Thailand dan 1 dari dari Filipina.

Hasil penelitian dikategorisasikan dalam lima karakteristik komunikasi antarbudaya yaitu Pertukaran Simbol, Proses, Perbedaan Komunitas Budaya, Negosiasi Makna Bersama dan Situasi Interaktif. Hal tersebut menunjukkan terdapat 15 pengalaman komunikasi antarbudaya yang dialami oleh mahasiswa asing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa dan situasi masyarakat lokal menjadi faktor utama dalam tujuh makna yang terbentuk oleh mahasiswa asing melalui komunikasi antarbudaya di lingkungan universitas.

Kata kunci: Komunikasi Antarbudaya, Mahasiswa Asing, Pengalaman, Makna, Banjarmasin.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI