DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MINAT PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI BATUMANDI KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:MISRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-25


ABSTRAK

Misriani. NIM. 1910122220011. 2023. “Minat Peserta Didik Terhadap Pembelajaran PJOK Di SMP Negeri Batumandi Kabupaten Balangan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. H. Sarmidi, M.kes. AIFO. (II) Dr. AR. Shadiqin, M. Kes, AIFO.

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah di uraikan di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat di identifikasi sebagai berikut: 1). KurangmaksimalminatpesertadidikkelasVIII SMP Negeri Batumandi, Kabupaten BalangandalammengikutipembelajaranPJOK. 2). Metodeatauteknikpenyampaianmateripembelajaran PJOKdaripendidik belum kreatifatau monoton. 3). Belum pernah dilakukan penelitian tentang minat peserta didik mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri Batumandi, Kabupaten Balangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan “untuk mengetahui minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri Batumandi Kabupaten Balangan”.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar peserta didik mengikuti pembelajaran PJOK di di SMP Negeri Batumandi, Kabupaten Balangan.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Batumandi Kabupaten Balangan yang berjumlah 98 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik total sampling.

Dari data hasil penelitian yang dianalisis dapat disimpulkan diketahui bahwa Tingkat Minat peserta didik di SMP Negeri Batumandi, Kabupaten Balangan 13,27% berada pada kategori Sangat tinggi, 16,33% berada pada kategori Tinggi, 38,78% berada pada Kategori sedang, 26,53% berada pada kategori rendah dan 5,10% berada pada kategori sangat rendah.

Kata Kunci : Minat dan Pembelajaran PJOK

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI