DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, IKLIM KERJA DAN DISIPLIN TERHADAP PROFESIONALITAS GURU SMA NEGERI DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MARWAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-25


MARWAH 2023, Hubungan Kepemimpinan Transformasional, Iklim Kerja dan Disiplin Terhadap Profesionalitas Guru SMA Negeri Di Kota Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Karyono Ibnu Ahmad. Dr. A. Muhyani Rizalie.,M.Si.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Iklim Kerja dan Disiplin Terhadap Profesionalitas Guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kepemimpinan Transformasional, Iklim Kerja dan Disiplin Terhadap Profesionalitas Guru; hubungan kepemimpinan transformasionaldan profesionalitas guru; hubunganiklim kerja dan profesionalitas guru; hubungan disiplin dan  profesionalitas guru; hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim kerja guru; hubungan kepemimpinan transformasional kepalasekolahdan disiplin guru; hubungankepemimpinan transformasional dan profesionalitasmelalui iklim kerja guru; hubungankepemimpinantransformasional kepala sekolah dan profesionalitas melalui disiplin guru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskkriptif. Populasi penelitian sebanyak 474 orang. Sampel penelitian ini adalah 160 orang yang dipilih secara proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner terdiri dari Kepemimpinan transformasional (35 item), Iklim Kerja (55 item), Disiplin (35 item) dan Profesionalitas kerja (50 item) yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis dan penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis).

Hasil analisis ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan langsung antara kepemimpinan transformasionaldan profesionalitas guru; iklim kerja dan profesionalitas guru; disiplin dan profesionalitas guru; kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim kerja; kepemimpinan transformasional kepalasekolahdan disiplin guru; terdapat hubungantidaklangsungantara kepemimpinan transformasional dan profesionalitasmelalui iklim kerja; hubungantidaklangsungantarakepemimpinantransformasional kepala sekolah dan profesionalitas melalui disiplin guru.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kepemimpinan transformasional, iklim kerja dan disiplin terhadap profesionalitas guru SMA Negeri di Kota Banjarmasin. Saran kepada kepala sekolah mempunyai visi dan misi yang jelas, menginspirasi,  memotivasi dalam melaksanakan apa yang pimpinan harapkan. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI