DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI DISKRIMINASI DAN KEADILAN INTERAKSIONAL DI TEMPAT KERJA (Studi Fenomenologi pada Perusahaan X di Kalimantan Tengah)
PENGARANG:MAYA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-26


ABSTRAK

 

Maya Amalia, 1920318320036.  Persepsi  Diskriminasi danKeadilanInteraksional di TempatKerja (StudiFenomenologipada PerusahaanX diKalimantanTengah (dibimbing oleh Laila Refiana Said, S.Psi., M.Si.,Ph.D)

 

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimanakahbentuk, dampak dan kondisidiskriminasipekerjayangterjadipada perusahanX di KotaKalimantanTengah apabila ditinjau dari teori ketidakadilan.

Tujuan penelitian ini adalah Untukmemberikan gambaranterkait diskriminasi dan ingin mengetahuimengapaperilakudiskriminatifmasihterjadidi dalam perusahaan, selain itumengetahui bagaimana keadilankondisidiskriminasiyang terjadidiperusahaanXapabila ditinjau dari keadilan interaksional.

Untuk mengaplikasikan tujuan tersebut, maka digunakan metodedeskriptif, metode statistik deskriptif kualitatif dengan bantuan sistem komputerisasi (Aplikasi ATLAS.ti) dengan cara melakukan pengkodeandananalisis terhadap objek yang diteliti.

Berdasarkan hasilanalisisataswawancara terhadapinforman,menunjukkan bahwa informanI- V merasakanadanya tindakdiskriminasidalamlingkungankerjanya dalam beberapa bentuk.Bentukpertamaadalahtidakadanyapelatihanbagipekerja.Tidakadanya pelatihanyangadilmenyebabkantidakbaiknyasistempromosijabatan.  Dengantidak adanyapromosijabatan,b]erakibatdengantidakadanyakenaikangajih.Dengantidakadanya pelatihan,juga membuktikanbahwa bentuk ketidakadilaninitidakadanya netralitas,dan bentukdiskriminasiberbasisetnis,sehingga mengakibatkan kekecewaandariinformanI-V terkaithalini.

Walaupunada kepercayaandanreward/penghargaandariperusahaan,tapi karyawan tetapmengharap rewardtersebutlebihbaik dalam bentukgaji,pencarian solusi sudah dilakukan terkaithal ini, namun pihak perusahaan tidak memberikan jawaban atas solusi tersebut.

 

 

Kata kunci : diskriminasi, bentuk diskriminasi, dampak diskriminasi, teori keadilan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI