DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Motivasi Kerja Dan Komitmen Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Banjarmasin
PENGARANG:SOPYAN HAADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-26


Haadi, Sopyan. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Motivasi Kerja dan Komitmen Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru di MAN Kota Banjarmasin. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph. D., dan Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja Komitme, Kerja, Disiplin Kerja

 

Disiplin guru dalam bekerja dapat dikatakan sebagai sikap mental yang tercermin dalam perbuatan dan tingkah laku seorang guru yang berdasarkan pada ketentuan atau peraturan yang telah ditetapkan, kode etik, norma kaidah yang berlaku dalam organisasi sekolah yang disusun bersama-sama dan sudah disepakati bersama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan transformasional kepala madrasah, motivasi kerja dan komitmen kerja terhadap disiplin guru MAN Kota Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ada seluruh guru MAN di Kota Banjarmasin Sebanyak 126 orang dengan sampel 96 orang ditentukan menggunakan ProportionalRandom Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, komitmen kerja dalam klasifikasi tinggi sedangkan disiplin kerja dalam klasifikasi sedang. Terdapat pengaruh langsung kepemimpinan transformasional sebesar disiplin kerja 0,293, motivasi kerja terhadap disiplin kerja 0,327, komitmen kerja terhadap disiplin kerja 0,374, kepemimpinan transformasional sebesar komitmen kerja 0,198, motivasi kerja sebesar komitmen kerja 0,702 . Selain itu juga terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja melalui komitmen kerja dengan uji sobel sebesar 3,115 > 1,98 dan  motivasi kerja terhadap disiplin kerja melalui komitmen kerja dengan uji sobel sebesar 2,673 > 1,98.

 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan beberapa hal: (1) kepala sekolah selalu memperhatikan warga sekolahnya, (2) guru di sekolah hendaknya meningkatkan motivasi dan komitmen dalam bekerja, (3) guru sebagai pelaku pendidikan hendaknya lebih aktif dalam meningkatkan disiplin kerja.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI