DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO VENTELA BORNEO DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI KOTA BANJARMASIN (Studi Deskriptif Pada Official Store Ventela Borneo Banjarmasin)
PENGARANG:FAHMI MUSLIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-26


Fahmi Muslim. 1610414610010. 2023. Strategi Komunikasi Pemasaran Toko Ventela Borneo Dalam Meningkatkan Penjualan Di Kota Banjarmasin(Studi Deskriptif Pada Official Store Ventela Borneo Banjarmasin). Dibawah bimbingan Siswanto Rawali dan Lalita Hanief

Pasar ritel di Indonesia, termasuk di kota Banjarmasin, sedang mengalami perkembangan yang pesat. Dalam persaingan yang semakin ketat, toko-toko pakaian, sepatu, dan lainnya perlu mengadopsi strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan mereka.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Toko Ventela Borneo dalam meningkatkan penjualan di Kota Banjarmasin. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe Penelitian adalah deskriptif. Teknik Pengumpulan Data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.  Menggunakan Teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, and Action).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Ventela Borneo menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif dengan segmentasi, targeting, dan positioning. Dalam segmentasi, perusahaan memahami kebutuhan konsumen berdasarkan karakteristik demografis, geografis, dan psikologis. Targeting dilakukan dengan fokus pada konsumen di wilayah Kota Banjarmasin, dengan tujuan meningkatkan pangsa pasar. Strategi positioning dilakukan melalui konten di media sosialuntuk membangun persepsi positif tentang produk Ventela sebagai sepatu lokal dengan desain kekinian dan elegan. Strategi pemasaran tersebut mencerminkan pemahaman tentang kebutuhan konsumen dan menerapkan teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action) untuk menarik perhatian, membangun minat, menciptakan keinginan, membantu pengambilan keputusan, dan mendorong tindakan pembelian. Ventela Borneo menggunakan tagline, hashtag, konten visual menarik, konten edukatif, promo belanja, dan panggilan tindakan yang jelas melalui media sosial Instagram untuk mencapai tujuan pemasaran dan memudahkan calon pelanggan dalam membeli produk mereka.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Penjualan, Ventela Borneo, Sepatu Lokal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI