DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN NON PERFOMING LOAN (NPL) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH (BPD) DI PULAU JAWA PERIODE 2016-2021
PENGARANG:RANIA NURUL IMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-26


Rania Nurul Iman, 1710412320033, 2023, Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Non Perfoming Loan (NPL) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Pulau Jawa Periode 2016-2021. Di bawah bimbingan: Ibu Hj. Nurul Wahyuni, S.Sos, M. AB.

Capital Adequacy Ratio (CAR) rasio yang digunakan untuk mengukur tingkat dari kecukupan permodalan suatu bank, Loan to Deposit Ratio (LDR) rasio yang digunakan yang dalam mengukur likuiditas dan Non Perfoming Loan (NPL) rasio yang digunakan sebagai indikator untuk mencerminkan keadaan kredit suatu bank serta berdampak pada Return On Asset (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Non Perfoming Loan (NPL) terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Pulau Jawa Periode 2016-2021.

Objek penelitian adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Pulau Jawa. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua laporan keuangan tahunan Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang berada di Pulau Jawa dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling dengan total tiga puluh sampel laporan keuangan Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Pulau Jawa yaitu Bank DKI, Bank DIY, Bank BJB, Bank Jateng dan Bank Jatim Periode 2016-2021. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian membuktikan dan menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) dengan tingkat signifikansi 0,552 > 0,05. Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) dengan tingkat signifikansi 0,280 > 0,05. Non Perfoming Loan (NPL) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) dengan tingkat signifikansi 0,022 > 0,05. Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Perfoming Loan (NPL) tidak berpengaruh secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) dengan tingkat signifikansi 0,129 > 0,05.

Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Perfoming Loan (NPL) dan Return On Asset (ROA).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI