DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT PADA AKTIVITAS KEAGAMAAN DI DESA KARANG INDAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:NANING YUNIA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


Naning Yunia Wati. 2023. Partisipasi Masyarakat pada Aktivitas Keagamaan di Desa Karang Indah sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd

Partisipasi masyarakat merupakan keikutsertaan sekumpulan kelompok orang dengan hidup bersama saling berinteraksi yang didalamnya terdapat suatu proses kegiatan. Masyarakat seharusnya selalu berpartisipasi dalam suatu aktivitas keagamaan karena masyarakat itu tidak pernah terlepas dari setiap kehidupan umat beragama. Dengan mengikuti berbagai macam rutinitas aktivitas keagamaan di masyarakat RW 04 Karang Indah yang sampai saat ini masih melaksanakan kegiatan seperti salat berjamaah, majelis taklim, yasinan, dan memperingati hari-hari besar Islam.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan partisipasi masyarakat pada aktivitas keagamaan di desa Karang Indah 2) Mendeskripsikan keterkaitan partisipasi masyarakat pada aktivitas keagamaan di desa Karang Indah sebagai Sumber Belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri yang membuat pedoman pengamatan, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta uji keabsahan data yang digunakan ialah Triangulasi. 

Hasil penelitian partisipasi masyarakat pada aktivitas keagamaan di desa Karang Indah Mandastana adalah sebagai berikut: 1) Aktivitas keagamaan yang dilaksanakan setiap hari ialah shalat berjamaah di Masjid Jami dan kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an. Aktivitas keagamaan pada setiap minggu nya ialah kelompok yasinan dan kegiatan majelis taklim. Aktivitas keagamaan tahunan seperti Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha. 2) Partisipasi masyarakat pada aktivitas keagamaan di desa Karang Indah dapat dikaitkan dalam proses pembelajaran IPS yaitu sebagai sumber belajar IPS kelas VII semester 1 yang terkait dengan materi ajar tentang interaksi sosial dan lembaga sosial dengan tujuan agar peserta didik dapat menggali dan memanfaatkan informasi dan potensi yang ada di lingkungan sekitarnya dengan baik.

Simpulan penelitian ini yaitu partisipasi masyarakat pada aktivitas keagamaan di desa Karang Indah dijadikan sebagai sumber belajar IPS dikarenakan dapat mendukung dalam kualitas proses pembelajaran terkhusus materi interaksi sosial dan lembaga sosial di kelas VII pada jenjang SMP terkait dengan keagamaan.   

 

Kata Kunci: Partisipasi, Aktivitas Keagamaan, IPS, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI