DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZEN BEHAVIOR (OCB) PADA PNS KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD FAUZAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


ABSTRAK

Muhammad Fauzan (2023). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PNS Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru. Pembimbing: Wimby Wandary.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap OCB pada Pegawai Negeri Sipil kementerian agama kota Banjarbaru; (2) pengaruh Komitmen Organisasi terhadap OCB pada Pegawai Negeri Sipil Kementerian agama kota Banjarbaru; (3) pengaruh Motivasi kerja terhadap OCB pada Pegawai Negeri Sipil Kementerian agama kota Banjarbaru.

Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru. Jumlah sampel sebanyak 37 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode total sampling (sensus). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen organisasi dan motivasi kerja berpengaruh secara simultan terhadap organizational citizenship behavior, komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior.

 

Kata kunci : Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja, Organizational Citizenship Behavior

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI