DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEARIFAN LOKAL NELAYAN SUNGAI DESA ANJIR SERAPAT MUARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:INDRIANA WIJAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


Indriana Wijayanti. 2023. Kearifan Lokal Nelayan Sungai Desa Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd.

Pembelajaran berbasis kearifan lokal masih belum banyak dimanfaatkan oleh guru di sekolah. Pembelajaran masih terbatas pada materi ajar yang ada di buku teks dan belum benar-benar memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Di era globalisasi ini perlu adanya penanaman nilai-nilai moral agar tidak ada kelonggaran nilai di masyarakat satu diantaranya yakni dengan memanfaatkan kearifan lokal sebagai sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini sendiri yakni: 1) Mendeskripsikan kearifan lokal nelayan sungai desa Anjir Serapat Muara. 2) Mendeskripsikan kearifan Lokal Nelayan Sungai Desa Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dimana peneliti menjelaskan mengenai apa saja kearifan lokal nelayan sungai desa Anjir Serapat Muara. Teknik pengumpulan data yang telah dilakukan yakni dengan mengamati jenis alat yang dipakai dan lokasi untuk menangkap ikan, wawancara kepada nelayan mengenai pengetahuan yang dimiliki oleh mereka dan melakukan dokumentasi dalam bentuk foto dan rekaman. Instrumen dalam penelitian yakni peneliti itu sendiri. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, membercheck dan triangulasi.

Hasil penelitian: 1) Pengetahuan lokal nelayan sungai desa Anjir Serapat Muara yakni berupa pengetahuan nelayan dalam menentukan waktu yang tepat untuk menangkap ikan yakni pada malam hari dan mengetahui terjadinya pasang surut air sungai dan alat tangkap yang digunakan oleh nelayan untuk menangkap ikan terdiri dari 4 jenis yakni Rempa, rengge, unjun dan keranjang udang. 2) Kearifan lokal nelayan sungai yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS pada materi Keragaman sosial budaya di masyarakat.

Simpulan penelitian ini kearifan lokal yang dimiliki oleh nelayan sungai terdiri dari pengetahuan dan kepercayaan, yakni pengetahuan nelayan dalam mengetahui waktu pasang surut sungai serta pengetahuan nelayan dalam penggunaan alat-alat tangkap tradisional dan kepercayaan lokal nelayan terhadap alat tangkap yang mereka gunakan untuk menangkap ikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI