DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:SYAHRUL R
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


Syahrul R,1910411210033,2023: “Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu” Dibawah Bimbingan Taufik Arbain

Penelitian ini berangkat daripermasalahan pembuatan akta kelahiran dimanabelum optimalnya pelayanan administrasi dalam pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu.Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan pembuatan Akta Kelahiran serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat terlaksananya pelayanan pembuatan Akta Kelahiran yang berkualitas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Selain itu penelitian ini juga menggunakan sumber data primer dengan melakukan wawancara mendalam, kemudian data sekunder yaitu dokumentasi, berita, buku, dan jurnal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu di ukur melalui SOP yang berlaku seperti : Screaning Data, Verifikasi dan Validasi Data, dan Penerbitan dan Penyerahan Kepada Masyarakat. Pada tahap Penerbitan dan Penyerahan Kepada Masyarakat masih belum baik dapat diketahui masih ada indikator yang belum terjalankan sesuai dengan standar operasional pelayanan (SOP) dilihat dari indikator reliability, responsiveness, dan confidence. Kemudian pada dimensi tangible dan emphaty yaitu ketidaknyamanan tempat pelayanan, belum adanya nomor antrian dan masih adanya petugas yang diskriminatif dalam melayani pemohon. Namun pada tahap Screaning Data, Verifikasi dan Validasi Data sudah cukup baik.

 Faktor pendukung yang mempengaruhi, yaitukondisi peralatan yang cukup lengkap telah didukung oleh sistem komputerisasi dan jaringan server dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), sedangkan Faktor Penghambat yang mempengaruhi, yaituPersyaratan yang belum lengkap, kadang kala masih ada gangguan jaringan server jaringan dari pusat yang memyebabkan waktu penyelesaian tidak sesuai SOP, dan sarana dan prasarana yang belum memadai.

Saran dari peneliti sebaiknya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu untuk terus meningkatkan sosialisasi secara intensif dan masif hingga ke pelosok desa terkait prosedur persyaratan Akta Kelahiran secara lengkap, meningkatkan pemeliharaan dan perawatan secara rutin bagi jaringan server, dan melengkapi sarana dan prasarana yang belum optimal

 

Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, Akta Kelahiran, SOP.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI