DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO ASSET RATIO, TOTAL ASSET TURNOVER, NET PROFIT MARGIN, INFLASI TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020-2021
PENGARANG:MEAZZA FREMUZIER ALFAN NADHIR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


Meazza Fremuzier Alfan Nadhir (2023). Pengaruh Current Ratio, Debt To Asset Ratio, Total Asset Turnover, Net Profit Margin, Inflasi Terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2021. Pembimbing: Pusvita Indria Mei Susilowati, SE, MSA, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh current raio, debt to asset ratio, total asset turnover, net profit margin, inflasiterhadap pertumbuhan laba. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah current ratio, debt to asset ratio, total asset turnover, net profit margin, daninflasi. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertumbuhan laba.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2020 hingga 2021. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 78 dari total populasi sebesar 39 perusahaan subsektor makanan dan minuman berdasarkan kriteria tertentu. Outlier data dilakukan sebanyak 1 data dan jumlah sampel menjadi 77 sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda melalui program SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel current ratio, debt to asset ratio dan inflasi terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan subsektor makanan dan minuman. Sementara total asset turnover dan net profit margin terbukti tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan subsektor makanan dan minuman. Saran yang dapat diberikan yakni perusahaan diharapkan mampu meningkatkan profitabilitas, maka pihak perusahaan sebaiknya mengelola penggunaan assetnya secara lebih efektif dan efisien sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya risiko keuangan, guna menarik investor untuk menanamkan modalnya.

Kata Kunci: Current ratio, Debt to Asset Ratio, Total Asset Turnover, Net Profit Margin, Inflasi, Pertumbuhan laba.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI