DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Guru PPKn Dalam Menanamkan Nilai Demokratis Pada Peserta Didik di SMP Negeri 32 Banjarmasin
PENGARANG:NELI AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


ABSTRAK

 

Nelly Agustina. 2023. Strategi Guru PPKn dalam Menanamkan Nilai Demokratis pada peserta didik di SMP Negeri 32 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Mariatul Kiptiah

 

Kata Kunci : Strategi Guru, Nilai Demokratis, Peserta Didik

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan 1) Strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai demokratis melalui pembelajaran terbimbing dan berbasis visual pada peserta didik di SMP Negeri 32 Banjarmasin 2) Kendala dalam menanamkan nilai demokratis pada peserta didik di SMP Negeri 32 Banjarmasin 3) Faktor yang mempengaruhi tumbuhnya nilai demokratis pada peserta didik di SMP Negeri 32 Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai demokratis pada peserta didik dilaksanakan melalui pembelajaran terbimbing dan berbasis visual dengan tujuan agar peserta didik dapat menerapkan nilai demokratis tersebut untuk kegiatan kesehariannya, yaitu di dalam kelas, dilingkungan sekolah, dilingkungan keluarga serta dalam lingkungan masyarakat. 2) Meskipun sudah cukup terlaksana dengan baik namun masih terdapat kendala-kendala dalam menanamkan nilai demokratis pada peserta didik beberapa diantaranya adalah kurangnya rasa percaya diri pada peserta didik, kurangnya rasa perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana, serta keterbatasan waktu.3) Adapun Faktor pendorong yang mempengaruhi tumbuhnya nilai demokratis pada peserta didik dalam pembelajaran membutuhkan kerja sama yang baik antara peserta didik, guru dan pimpinan sekolah.

Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwasanya strategi guru dalam pembelajaran PPKn sudah cukup terlaksana dengan baik walaupun masih terdapat beberapa kendala dalam penerapannya.

Dari hasil penelitian ini disarankan agar hendaknya guru mampu meningkatkan dan memilih strategi yang disesuaikan dengan minat dan motivasi siswa, beberapa tindakan dapat dilakukan seperti menggunakan variasi media dan metode dalam proses pembelajaran, sehingga nilai- nilai demokrasi dapat terbentuk secara maksimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI