DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANTIKORUPSI DI SMK NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NURUL KAMALIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


Nurul Kamaliah, 2023. Perenan Pembelajaran Akuntansi Dalam Pembentukan Karakter Antikorupsi Di Smk Negeri 1 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing: Maulana Rizky, SE, M.Acc, Ak. Dan Dr. Baseran Nor, M.Pd).

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembelajaran akuntansi dalam kelas di SMK Negeri 1 Banjarmasin (2) proses penanaman karakter siswa di SMK Negeri 1 Banjarmasin (3) peran pembelajaran akunatansi terhadap pengintegrasian karakter antikorupsi pada siswa di SMK Negeri 1 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Random Sampling. Sedangka teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X - XII pada program keahlian Akuntansi keuangan lembaga. Dengan sampel sebanyak 135 siswa-siswi di kelas XII pada program keahlian Akuntansi keuangan lembaga, dengan terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol (XII A AKL) dan Kelas eksperimen (XII B, C dan D AKL). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model struktural atau inner model dengan perhitungan R-Square atau Koefisien determinasi (R2), Estimate For Path Coefficents, dan Uji Hipotesis (Resampling Bootstrapping). Berdasarkan hasil analisis kuantitatif pada kelas eksperimen menunjukkan pengaruh positif dan signifikan karakter kejujuran terhadap pembelajaran akuntansi dengan O = 0,368, t-statistik = 2,545 > t-hitung = 1,985. Nilai sig = 0,011 < sig t = 0,05. Pengaruh positif dan tidak signifikan karakter kedisiplinan terhadap pembelajaran akuntansi dengan O = 0,286, t-statistik = 1,705 < t-hitung = 1,985. Nilai sig = 0,088 > sig t = 0,05. Pengaruh negatif dan signifikan karakter tanggung jawab terhadap pembelajaran akuntansi dengan O = -0,354, t-statistik = 3,589 > t-hitung = 1,985. Nilai sig = 0,000 < sig t = 0,05. Pengaruh negatif dan tidak signifikan karakter kerja keras terhadap pembelajaran akuntansi dengan nilai O = -0,195, t-statistik = 1,193 < t-hitung = 1,985. Nilai sig = 0,233 > sig t = 0,05. Dan pengaruh negatif dan tidak signifikan karakter keberanian terhadap pembelajaran akuntansi dengan O = -0,179, t-statistik = 1,071 < t-hitung = 1,985. Nilai sig = 0,285 > sig t = 0,05. Nilai R2 pada penelitian ini sebesar 0,272 atau 27,7%, dapat dikatakan 27,2% dalam pembelajaran akuntansi dapat mempengaruhi pembentukan karakter antikorupsi siswa.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Akuntansi, dan Karakter Antikorupsi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI