DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN MELALUI APLIKASI PARAK ACIL ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:HANDINI HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


Handini Handayani, 191041132006, 2023, “Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Melalui Aplikasi Parak Acil Online di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Di bawah bimbingan Taufik Arbain

 

Penelitian ini berangkat dari permasalahan pembuatan akta kelahiran dimana belum maksimalnya pelayanan administrasi di beberapa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Selain itu, dalam pelaksanaannya masih kurang efektif seperti kurangnya pemahaman masyarakat tentang teknologi digital. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan Akta Kelahiran Melalui Aplikasi Parak Acil Online dan mengetahui faktor penghambat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Selain itu penelitian ini juga menggunakan sumber data primer dengan melakukan wawancara mendalam dan data sekunder yaitu dokumentasi, berita, buku dan jurnal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Melalui Aplikasi Parak Acil Online dengan memfokuskan pada 4 aspek. Aspek pertama Pendaftaran Akun, ditemukan beberapa masyarakat belum mengetahui penggunaan Aplikasi Parak Acil Online. Aspek kedua Mengisi Formulir dan mengunggah Berkas Persyaratan, ditemukan beberapa masyarakat kurang memahami persyaratan yang sudah diberikan. Aspek ketiga Verifikasi dan Validasi Data, ditemukan beberapa masyarakat belum melengkapi persyaratan yang sudah diberikan sehingga menunda proses pembuatan Akta Kelahiran. Aspek ke empat Penyerahan Akta Kelahiran, melalui surat elektronik. Akan tetapi, beberapa masyarakat belum mengerti dalam mendownload dan mencetak akta itu sendiri sehingga masyarakat datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mencetak. Penelitian ini dianalisis menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan menurut Zaithaml Parassuraman & Berry sudah cukup baik namun belum optimal. Hal ini dikarenakan dilihat dari dimensi Tangible, Reliability, Responsiveness dan Empathy sudah  baik, namun  jika dilihat dari dimensi Assurance belum berjalan dengan baik karena kurang stabilnya jaringan sehingga membuat proses akta kelahiran akan memakan waktu yang lebih lama dari waktu yang telah ditentukan.

Disarankan untuk penelitian ini untuk mengoptimalisasikan sosialisasi aktif ke sejumlah tempat  kepada   masyarakat   dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran melalui Aplikasi Parak Acil Online, melakukan kerjasama dengan provider jaringan, memberikan pelatihan serta pemahaman kepada masyarakat terkait penggunaan layanan online di kecamatan dan kelurahan dan perlu ditingkatkan lagi informasi yang lebih detail dalam persyaratan sehingga masyarakat mudah untuk memahami.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Akta Kelahiran, Parak Acil Online

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI