DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN HANDOUT TENTANG GIZI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI BANJARMASIN
PENGARANG:NAJIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


ABSTRAK

Najiah, 2023. Pengembangan Handout tentang Gizi untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Banjarmasin”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Muhammad Zaini, M. Pddan (II) Dr. Dharmono, M. Si

 

Kata Kunci: Handout, Keterampilan Berpikir Kritis, Nutrisi dan Gizi, Gizi dan Status Gizi

Sumber belajar inovatif yang menarik, jelas, dan mudah dipahami belum dilakukan secara mendalam khususnya pada mata kuliah Nutrisi dan Gizi. Sumber belajar yang dikembangkan adalah Handout yang bertujuan untuk menganalisis kevalidan,kepraktisandankeefektifan untuk melatih keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Tahap-tahap pengembanganmeliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan.Subjek penelitian adalah 3 pakar untuk menguji validitas, 3 mahasiswa untuk uji perorangan, 5 mahasiswauntuk uji kelompok kecil dan 17 mahasiswa untuk uji lapangan. Teknis analisis datayang dilakukan adalahvaliditas didapatkan dari penilaian validator terhadap Handout yang dikembangkan, kepraktisan didapatkan berdasarkan nilai dari respon mahasiswa, keterlaksanaan penggunaan Handout oleh observer dan keefektifan Handout didapatkan berdasarkan hasil penuntun praktikum dan soal evaluasi yang dikerjakan oleh mahasiswa.Hasil penelitian menunjukan Handout yang telah dikembangkan pada ujivalidasi diperoleh nilai rata-rata 3,33 dengan kriteria valid dan hasil ujiperorangan diperoleh nilai rata-rata 92,95% dengan kriteria sangat baik. Kepraktisanharapan dan aktual Handout masing-masing sebesar 97,14% dan 85,29%dengan kriteria sangat setuju. keterlaksanaan harapan mendapatkan nilai rata-rata 81,48% dan aktual mendapatkan dengan nilai 85.19%, keduanya mendapatkan kriteria sangat baik. Handout yang dikembangkan dinyatakan sangatefektifdigunakanberdasarkanhasilketerampilanberpikirkritismahasiswayangmengalami peningkatan pada keefektifan uji kelompok kecil (harapan) dengan nilairata-rata 72,29% dan pada ujilapangan(aktual)mendapatkannilairata-rata81,2%meningkatmenjadi93,7%. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata N-Gainpada uji lapangan (aktual) sebesar 0.7 berada pada kriteria sedang. Berdasarkan pernyataan diatas dapatdisimpulkanbahwaHandoutyangdikembangkanvalid,sangat praktisdan sangatefektifdalammelatihketerampilan berpikir kritis mahasiswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI