DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PT. TASPEN CABANG KOTA BANJARMASIN DALAM PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA TERHADAP PERLINDUNGAN HAK ASN
PENGARANG:MUHAMMAD ADI WIJAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


Muhammad Adi Wijaya, 1910413310013, 2023, “Peran PT. Taspen Cabang Kota  Banjarmasin dalam Program Jaminan Kecelakaan Kerja Terhadap Perlindungan Hak ASN”. Dibimbing oleh Bapak Drs. H. Apriansyah, M.Si

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran PT. Taspen Cabang Kota Banjarmasin dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja terhadap Perlindungan Hak ASN. Penelitian ini menggunakan tipe  deskriptif dengan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peran PT. Taspen Cabang Kota Banjarmasin dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja terhadap Perlindungan Hak ASN telah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari indikator pertama inovator yang mana PT. Taspen Cabang Kota Banjarmasin membuat aturan bahwasanya persyaratan klaim JKK bisa di kirimkan lewat ekspedisi tentu hal ini membantu para ASN yang berada jauh dari Kota Banjarmasin, adanya inovasi klaim nantinya bisa melalui website TosTaspen, kedua modernisator PT. Taspen Cabang Kota Banjarmasin telah melakukan Perjanjian kerja sama dengan 15 Rumah Sakit di Provinsi Kalimantan Selatan. Ketiga  kesejahteraan sosial, dalam 3 tahun terakhir periode 2020-2022, yang dimana terdapat 15 klaim yang dicairkan terbagi menjadi 11 perawatan dan 4 santunan dengan total dana klaim sebesar Rp. 934. 329. 318, tentu hak ASN melalui program JKK ini dapat membantu para ASN dan juga keluarganya yang mengalami kecelakaan kerja.Saran menurut peneliti, kerjasama dengan Rumah Sakit ditambah lagi danada diaspek sosialisasi yang perlu ditingkatkan lagi dimana metode sosialisasi yang dilakukan oleh PT. Taspen Cabang Kota Banjarmasin ialah menunggu undangan dari instansi pemerintah atau yang terkait baru melakukan sosialisasi, agar seluruh ASN khususnya di wilayah Kalimantan Selatan mengetahui adanya program jaminan kecelakaan kerja bagi ASN, yang dimana merupakan hak yang harus diketahui oleh para ASN.

 

Kata Kunci : Hak, Kecelakaan Kerja, ASN, PT. Taspen

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI