DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PEGAWAI PT. AIR MINUM BANDARMASIH DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Eza Oktarianor
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


         Eza Oktarianor (2023), Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB)dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Mediasi pada PT. Air Minum Bandarmasih di Kota Banjarmasi. Pembimbing: Maya Sari Dewi

          Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh Kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship behaviour (OCB). (2) pengaruh Kepuasan kerja terhadap Komitmen organisasi. (3) pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship behaviour (OCB). (4) pengaruh Kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship behaviour (OCB) dengan Komitmen organisasi sebagai variabel mediasi pada pegawai PT. Air Minum Bandarmasih. 

          Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 76 pegawai tetap pada PT. Air Minum Bandarmasih di kota Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang mana hasilnya dioalah menggunakan SEM-PLS (Smart PLS 4.0).

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepuasan kerja berpengaruh terhadap Organizational Citizenship behaviour (OCB); (2)terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap Komitmen organisasi; (3) terdapat pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship behaviour (OCB); (4)Kepuasan kerja berpengaruh terhadap Organizational Citizenship behaviour (OCB) dengan Komitmen organisasi sebagai variabel mediasi pada pegawai PT. Air Minum Bandarmasih di kota Banjarmasin.

 

Kata kunci : Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Organizational Citizenship behaviour (OCB)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI