DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII-B DI SMP NEGERI 10 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | NABILLA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-07-28 |
ABSTRAK
Nabilla. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media
Audio Visual pada Pembelajaran Menyimak Berita Siswa Kelas VIII-B di
SMP Negeri 10 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.
Pembimbing: (I) Dr. M. Rafiek, M.Pd.; (II) Dr. Moh. Fatah Yasin, M.Pd.
Kata kunci: peningkatan, hasil belajar, media audio visual, siswa
Dalam pendidikan hasil belajar menjadi tolak ukur untuk keberhasilan di
lembaga sekolah. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi dan media
pembelajaran yang digunakan dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovasi pada kegiatan belajar
mengajar bisa menghasilkan pembelajaran yang berkualitas dan penyimak yang
baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni pembelajaran dengan
menggunakan media audio-visual pada pembelajaran menyimak berita yang
meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan media audio-visual; (2)
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media
audio-visual pada pembelajaran menyimak berita.
Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode penelitian
tindakan kelas. Sumber data penelitian diperoleh melalui aktivitas guru, aktivitas
siswa, kemampuan menyimak siswa dan hasil belajar siswa di kelas.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes/ujian. Teknik
analisis data yang digunakan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif berbentuk
tabel dan deskriptif. Indikator keberhasilan hasil belajar siswa telah ditentukan
pada nilai persentase 75%-100% siswa yang mendapatkan nilai tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran
menyimak berita dengan media audio-visual terlaksana dengan baik, terlihat pada
peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan menyimak yang
mencapai indikator keberhasilan. (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa
dengan media audio-visual pada pembelajaran menyimak berita, terlihat pada
peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai 88,00% siswa yang tuntas di akhir
pertemuan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan: (1) peran guru sangat
penting sehingga harus mempunyai keterampilan mengajar (2) siswa lebih aktif
dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dirinya (3) penggunaan media
audio-visual berpengaruh untuk pembelajaran yang baik.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI