DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII-B DI SMP NEGERI 10 BANJARMASIN
PENGARANG:NABILLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


ABSTRAK

Nabilla. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media 

Audio Visual pada Pembelajaran Menyimak Berita Siswa Kelas VIII-B di 

SMP Negeri 10 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa 

dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas 

Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. 

Pembimbing: (I) Dr. M. Rafiek, M.Pd.; (II) Dr. Moh. Fatah Yasin, M.Pd.

Kata kunci: peningkatan, hasil belajar, media audio visual, siswa

Dalam pendidikan hasil belajar menjadi tolak ukur untuk keberhasilan di 

lembaga sekolah. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi dan media 

pembelajaran yang digunakan dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. 

Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovasi pada kegiatan belajar 

mengajar bisa menghasilkan pembelajaran yang berkualitas dan penyimak yang 

baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni pembelajaran dengan 

menggunakan media audio-visual pada pembelajaran menyimak berita yang 

meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan 

pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan media audio-visual; (2) 

mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media 

audio-visual pada pembelajaran menyimak berita.

Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode penelitian 

tindakan kelas. Sumber data penelitian diperoleh melalui aktivitas guru, aktivitas 

siswa, kemampuan menyimak siswa dan hasil belajar siswa di kelas. 

Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes/ujian. Teknik 

analisis data yang digunakan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif berbentuk 

tabel dan deskriptif. Indikator keberhasilan hasil belajar siswa telah ditentukan 

pada nilai persentase 75%-100% siswa yang mendapatkan nilai tuntas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran 

menyimak berita dengan media audio-visual terlaksana dengan baik, terlihat pada 

peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan menyimak yang 

mencapai indikator keberhasilan. (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa 

dengan media audio-visual pada pembelajaran menyimak berita, terlihat pada 

peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai 88,00% siswa yang tuntas di akhir 

pertemuan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan: (1) peran guru sangat 

penting sehingga harus mempunyai keterampilan mengajar (2) siswa lebih aktif 

dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dirinya (3) penggunaan media 

audio-visual berpengaruh untuk pembelajaran yang baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI