DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM KEGIATAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN BANJARBARU SELATAN KOTA BANJARBARU TAHUN 2023
PENGARANG:M. INDRA MAULA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


M.INDRA MAULA. NIM. 1910122310030. “Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru Tahun 2023”. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani (PSPJ), Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2023. Dosen Pembimbing Utama: Drs. Athar, M. Kes, AIFO. Dosen Pembimbing Pendamping: Dr.Sunarno Basuki,Drs.,M.kes.,AIFO

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei dan pengambilan data menggunakan kuesioner.

Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru.  yang berjumlah 2 Sekolah dan 7 Guru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 orang guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru.  yang diambil menggunakan tenkik sensus atau total sampling.

Hasil penelitian yang telah dianalisa menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Jasamani Olahraga dan Kesehatan dalam Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru. Tahun 2023 berada pada kategori “Sangat Rendah” 14,2% (1 guru), “Rendah” sebesar 0,0% (0 guru), “Sedang” sebesar 57,1% (4guru), “Tinggi” sebesar 28,5% (2 guru), dan “Sangat Tinggi” sebesar 0% (0 guru).

            Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa peran guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru. berada pada kategori “Sedang”.

 

 

 

 

Kata Kunci : Peran Guru PJOK, UKS, SMPN se-Kecamatan Banjarbaru Selatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI