DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN VIDEO PROMOSI UMKM UNTUK MENDUKUNG PEMASARAN DI ERA DIGITAL | |
PENGARANG | : | HELDAYANTI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-07-28 |
Perkembanganteknologiinformasiyangsangatpesatuntukmendukungberbagaikegiatan bisnis di era digital, mendorong upaya pembaharuan dalam penggunaan hasilteknologidalam prosespemasaran.Penggunaanvideopromosidieradigitalharussejalandenganperkembanganteknologivideo promosimerupakansalahsatusolusimeningkatkan pemasaran. Tujuandaripenelitianiniadalahmengembangkan videopromosi UMKM, mengetahui kelayakkan pengembangan video promosi UMKM untukmendukung pemasaran dieradigital danmengetahui peningkatan pemasaran dieradigital.Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakanmodel 4D Four-D. Tahapan pengembangan ada empat yaitu define, design, developmentdandissaminate). Teknikpengumpulan datadalampenelitian iniadalahobservasi,wawancara, dokumentasi dan angket validasi ahli, serta angket respon UMKM. Hasilpenilaianvalidasiolehvalidatorahliinstrumentdenganpresentse100%termasukkategori“sangat layak”, ahli media dengan presentase 95,23% temasuk kategori “sangat layak”dan ahli naskah dan bahasa dengan preentase 90% termasuk kategori “sangat layak”. Ujicobayangdilakukan kepadapihakUMKMmenunjukkan bahwaskorkeseluruhanresponden berjumlah 10 orang dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji peningkatanpemasarandengannilai0,8%dikategorikan“tinggi”.Darihasilpenelitianpengembanganmenunjukkan bahwavideo promosi sangat layak digunakan untuk mendukung pemasarandan mampu meningkatan pemasaran di era digital. UMKM dapat memanfaatkan videopromosisebagaimediapemasaranuntukmendukungpemasarandieradigital.
KataKunci :Pengembangan,VideoPromosi,Pemasaran
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI