DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Tata Kelola Pasar Tradisional Keramat Oleh Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur
PENGARANG:YUPRI HIDAYANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


ABSTRAK

 

Yupri Hidayanto, 1910413210009, “Tata Kelola Pasar Tradisional Keramat oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur”, Dibawah bimbingan Husein Abdurahman

 

Pasar merupakan pusat kegiatan ekonomi, Permasalahan yang terjadi pada pengelolaan pasar tradisional Keramat di kabupaten Kotawaringin Timur yang berdiri tepat didepan jalan Usman Harun ini, sering kali membuat jalur kendaraan tersendat dan bahkan menimbulkan kemacetan yang sangat luar biasa, Bahkan ada sebagian pedagang yang mendirikan lapak persis dijalan masuk permukiman, sehingga membuat kendaraan masyarakat tidak bisa masuk dan membuat badan jalan akses keluar masuk pemukiman menjadi terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola pasar Tradisional Keramat oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabuapten Kotawaringin Timur dengan melihat dari fungsi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriftif kualitatif. Teori yang digunakan dikemukakan oleh Fungsi Manajemen Henry Fayol dengan indikator Perencanaan, pelaksanaan dan Pengawasan. Informan penelitian adalah Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Bidang Perdagangan, Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Retribusi, Kepala UPT Pasar Tradisional Keramat, para pedagang dan pembeli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan Pemerintah Daerah Pada Pasar Tradisional Keramat di Kabupaten Kotawaringin Timur sudah memiliki perencanaan dalam pengelolaan pasar namun masih ditemukan kendala pada aspek pelaksanaan dan pengawasan. Pada segi pelaksanaan pengelolaan pasar tradisional keramat masih belum berjalan maksimal. Hal ini dapat dilihat dari pedagang yang masih tidak mau mengikuti perintah yang diberikan oleh pihak Dinas yang meminta agar para pedagang berjualan di tempat yang telah disediakan. Beberapa pedagang tidak mau meninggalkan lapak mereka yang sudah lama mereka gunakan dengan kondsi yang sederhana dan berpindah ke lapak yang sudah dibangun oleh pemerintah. Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pasar semi modern ini adalah masih kurangnya kesadaran para pedagang untuk mentati perturan tata tertib dan mematuhi perintah dari petugas dinas dalam mengelola dan menaata pedagang, kurangnya pemeliharaan fasilitas yang ada di Pasar Tradisional Keramat di Kabupaten Kotawaringin Timur.

 

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur, perlu membenahi pasar secara efektif dan efisien dan meningkatkan optimalisasi pasar tardisional keramat dan perlu untuk memperhatikan keluhan pedagang.

Kata Kunci: Tata Kelola, Pasar Tradisional

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI