DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STACKO PADA SUB MATERI MENGENAL MATAHARI LEBIH DEKAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
PENGARANG:BAYTI CAMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STACKO PADA SUB MATERI MENGENAL MATAHARI LEBIH DEKAT UNTUK MENINGKATKAN  MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Oleh: Bayti Camelia; Pembimbing: Yasmine Khairunnisa; Sauqina; 2023;  Halaman)

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran uno stacko pada sub materi mengenal matahari lebih dekat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakn motivasi belajar peserta didik SMPN 1 Banjarmasin yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yaitu pengembangan media pembelajaran imedia pembelajaran uno stacko. Model pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Banjarmasin. Produk dari penelitian ini adalah uno stacko yang valid, praktis, dan efetif serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peneliti melakukan validasi kepada pakar/ahli, yaitu dosen dan guru IPA SMP serta uji respon terhadap peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjarmasin. Instrumen dalam penelitian ini beruapa lembar angket pendapat peserta didik terhadap pemberian media pembelajaran uno stacko setelah pembelajaran seta lembar angket motivasi sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis permainan uno stacko pada sub materi mengenal matahari lebih dekat mendapatkan persentase hasil uji validasi ahli materi 75,76%, uji kepraktisan sebesar 80,16%, uji efektivitas dengan kategori media mempunyai keefektivitasan yang cukup, dan motivasi peserta didik meningkat sebesar 73,75%. Berdasarakan hasil tersebut maka media pembelajaran berbasis permainan uno stacko pada sub materi mengenal matahari lebih dekat dikategorikan valid, memberikan kepraktisan kepada peserta didik, mempunyai efektivitas yang cukup, dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas.

 

Kata Kunci: Uno Stacko, Motivasi, Matahari

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI