DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PERFORMANSI MENGAJAR GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:Anggraeni Agustin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


ABSTRAK

Agustin, Anggraeni. 2023. Pengaruh Supervisi Akademik, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Performansi Mengajar Guru SD Negeri Se-Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : (1) Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd; (2) Dr. Karyono Ibnu Ahmad, M.Pd.

Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru, Performansi Mengajar Guru

              Keberhasilan pendidikan membutuhkan peran dan performansi guru yang optimal, agar mampu menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di era global. Performansi guru dalam pembelajaran merupakan faktor utama dalam keberhasilan tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung antara supervisi akademik, kepemimpinan kepala sekolah, dan kompetensi pedagogik guru terhadap performansi mengajar guru.

Penelitian ini merupakan penelitian regresional dengan pendekatan kuantitatif yang diformulasikan ke dalam model analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian sebanyak 415 guru dari 32 sekolah dan diambil 203 responden sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, uji hipotesis penelitian dan analisis jalur.

            Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung (1) supervisi akademik terhadap performansi mengajar guru sebesar 0,517, (2) kepemimpinan kepala sekolah terhadap performansi mengajar guru sebesar 0,146, (3) kompetensi pedagogik guru terhadap performansi mengajar guru sebesar 0,313, (4) supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 0,653, (5) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 0,252; dan pengaruh tidak langsung (6) supervisi akademik terhadap performansi mengajar guru melalui kompetensi pedagogik guru sebesar 7,119, (7) kepemimpinan kepala sekolah terhadap performansi mengajar guru sebesar 2,509.

            Berdasarkan hasil penelitian ini, kepala sekolah diharapkan dapat mengoptimalkan supervisi akademik dan kepemimpinannya guna peningkatan kompetensi pedagogik guru dan performansi mengajar guru. Adapun guru diharapkan dapat meningkatkan performansinya terutama dalam proses belajar mengajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI