DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBERIAN ECO-ENZYME PADA MEDIA PERTUMBUHAN MAGGOT (Hermatia illucens) SEBAGAI PAKAN IKAN GABUS HARUAN (Channa striata)
PENGARANG:SLAMET BUDIANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


SLAMET BUDIANTO. 2023. Pemberian Eco-enzymepada Media PertumbuhanMaggot(Hermatia illucens) sebagai Pakan Ikan Gabus Haruan (Channa striata). Pembimbing: (1) Dr. Siti Aisiah, S.Pi., M.P. dan (2) Dr. Noor Arida Fauzana, S.Pi., M.Si.

 

Maggot (Hermatia illucens) dengan kandungan asam amino dan  nutrisi tinggi yang media pertumbuhannya ditambahkan eco-enzyme  diberikan sebagai pakan diharapkan mampu untuk meningkatkan respons biologis dan histologis ikan gabus haruan (Channa striata) yang dipelihara dalam stoples. Penelitian ini dibagi menjadi dua tahapan yaitu tahap 1 menganalisis media pertumbuhan terbaik larva maggot yang ditambahkan eco-enzyme selama 15 hari. Tahap 2 menganalisis respons biologis dan histologis hati dan ginjal ikan gabus haruan setelah diberi pakan larva maggot selama 45 hari. Penelitian ini menggunakan Rancangan acak lengkap (RAL) 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Data dianalisis menggunakan program IBM SPSS statistik 26 dimulai dengan uji normalitas, lalu uji homogenitas dan uji ANOVA, dan serta uji Duncan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pertumbuhan maggot dengan penambahan eco-enzyme dengan media tumbuh ampas sagu dan ampas tahu memberikan pertumbuhan panjang dan populasi yang terbaik. Hasil respons biologis ikan gabus haruan dengan kombinasi pemberian maggot segar dan pakan pellet 50 % mampu mempertahankan kelangsungan hidup 100%, meningkatkan pertumbuhan panjang dan bobot relatif ikan gabus haruan dibandingkan perlakuan lainnya. Respons Histologis hati dan ginjal ikan gabus haruan dengan pemberian berupa maggot segar dan pellet tampak kongesti pembuluh darah hati dan degenerasi melemak hati serta tampak melanomakrofag pada ginjal. Kualitas air berada pada kisaran yang mendukung pertumbuhan ikan gabus haruan.

 

Kata kunci : Maggot, Media, Gabus haruan, Biologis, Histologis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI