DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MIND MAPPING, DAN COURSE REVIEW HORAY KELAS V SDN SUNGAI LULUT 7 BANJARMASIN
PENGARANG:SARINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-29


ABSTRAK

 

Sarina. 2023. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Dengan Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Mind Mapping, dan Course Review Horay Kelas V SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin.” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Asrani, M.Pd

 

Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Mind Mapping, Course Review Horay.

 

Permasalahan penelitian ini yaitu pembelajaran masih dilakukan dengan metode ceramah oleh guru, rasa ingin tahu siswa masih kurang, dan siswa belum terlibat secara optimal dalam proses pembelajaran terhadap materi IPA Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada kelas V SDN Sungai Lulut 7 Banjarmasin yang mengakibatkan belum optimalnya aktivitas siswa dan rendahnya hasil belajar. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan pembelajaran dengan model PBL, Mind Mapping, dan CRH. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sungai Lulut 7 tahun pelajaran 2022/2023, dengan jumlah 27 siswa. Data dianalisis secara kualitatif melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta secara kuantitatif menggunakan tes hasil belajar yang digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I-III selalu meningkat hingga memperoleh skor 31 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I-III selalu meningkat hingga mencapai kriteria “Hampir seluruh siswa sangat AktifHasil belajar siswa pertemuan I-III selalu meningkat hingga mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru serta peneliti lain adalah agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI