DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA TEMA 8 MATERI SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SUKMA INDAH PANGASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-29


Pangastuti, Sukma Indah. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan IPA Tema 8 Materi Siklus Air dan Dampaknya Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT) dan Make a Match Pada Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Numbered Heads Together, Make a Match

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Banjarmasin terhadap muatan IPA. Penyebab dari masalah tersebut adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, pembelajaran kurang bervariasi, siswa tidak diberikan pengalaman nyata dalam pembelajaran, pembelajaran tidak menuntut semua siswa aktif dalam kelompoknya dan kurangnya stimulus yang diberikan saat pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT) dan Make a Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga pertemuan. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Banjarmasin pada kelas V dengan jumlah siswa 20 orang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan pada muatan IPA Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitaif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui penilaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil belajar menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT) dan Make a Match pada pertemuan III menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 97 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 90,63 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik ketuntasan mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT) dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar muatan IPA Tema 8 Materi Siklus Air dan Dampaknya. Disarankan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT) dan Make a Match dijadikan salah satu alternatif dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI