DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN KERJASAMA DAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROGRES DAN MEDIA TTS PADA SISWA KELAS IV SDN TERANTANG 2 BARITO KUALA
PENGARANG:HELWA AYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-30


Ayuni, Helwa (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kerjasama dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran PROGRES dan Media TTS pada Siswa Kelas IV SDN Terantang 2 Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Noorhapizah, S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: Kerjasama, Bepikir Kritis, PROGRES, TTS.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan kerjasama dan berpikir kritis siswa. Hal ini disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, kurangnya keaktifan siswa saat pembelajaran, tidak menggunakan model dan media pembelajaran bervariasi, serta pembelajaran monoton. Upaya mengatasinya dengan menggunakan model PROGRES dan media TTS. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa, keterampilan kerjasama dan berpikir kritis, serta hasil belajar.

 

Penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Terantang 2 yang berjumlah 12 orang, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan kerjasama dan berpikir kritis, serta hasil belajar yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 memperoleh kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria “cukup aktif” menjadi “sangat aktif”. Keterampilan kerjasama pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria “cukup terampil” menjadi “sangat terampil”. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria “kurang terampil” menjadi “sangat terampil”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan secara klasikal.

Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa model PROGRES dan media TTS dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan kerjasama dan berpikir kritis, serta hasil belajar pada siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan kerjasama dan berpikir kritis, serta hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI