DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH E-FILING, RELAWAN PAJAK, DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI NON KARYAWAN (STUDI EMPIRIS PADA KPP PRATAMA BANJARMASIN)
PENGARANG:ELYSABETH PUTRI PAMUNGKAS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


Elysabeth Putri Pamungkas (2023).“Pengaruh E-filing, Relawan Pajak, dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan (Studi Empiris Pada KPP Pratama Banjarmasin)”.

Pembimbing : Norlena, SE, MSA, Ak, CA

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-filing, relawan pajak, dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan. Variabel independen pada penelitian ini adalah e-filing, relawan pajak, dan sosialisasi perpajakan sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan.

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi non karyawan yang terdaftar di KPP Pratama Banjarmasin. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 wajib pajak orang pribadi non karyawan berdasarkan rumus Slovin. Data primer digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 26. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relawan pajak dan sosialisasi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan sedangkan e-filing tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan.

Kata Kunci: E-filing, Relawan Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kepatuhan Pajak, Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI